Monday, January 28, 2013

SEVENTH HABITS SUMMARY3


LANGKAH-LANGKAH III
1.    Lain kali seseorang membuatmu marah, beri tanda damai saja sebagai balasanmu.
2.   Dengarkanlah baik-baik kata-katamu sendiri. Hitunglah berapa kali kamu menggunakan bahasa-bahasa yang reaktif, seperti ”gara-gara kamu...”, ”Aku harus...”, ”kenapa sih mereka tidak...”, atau ” Aku tidak bisa...”.
3.    Lakukanlah sesuatu hari ini yang sedari dulu ingin kamu lakukan tetapi tidak berani. Tinggalkanlah wilayah nyamanmu dan kejarlah itu. Ajaklah dia kencan,angkatlah tanganmu di kelas, atau bergabunglah dengan sebuah tim.
4.  Buatlah catatan post_it untuk dirimu sendiri: ” aku takkan membiarkan.....memutuskan bagaimana perasaanku.” taruhlah dilemarimu, di cerminmu atau di buku agendamu, dan sering-seringlah kamu membacanya.
5.  Kalau ikut pesta lain kali jangan hanya bersandar di dinding dan menantikan kegembiraan menghampirimu, kamulah yang harus mencarinya. Perkenalkanlah dirimu pada seseorang teman yang baru.
6.  Lain kali kamu terima nilai yang kamu anggap tidak adil, jangan marah-marah atau menangis karenanya, buatlah janji bertemu gurumu untuk membahasnya dan lihatlah apa yang bisa kamu pelajari.
7.    Kalau kamu bertengkar dengan orang tua atau teman, jadilah yang pertama untuk minta maaf.
8.    Identifikasilah sesuatu dalam lingkaran di luar pengaruhmu yang selalu kamu kuatirkan. Putuskanlah sekarang juga untuk melupakannya.
9.  Tekanlah tombol pause sebelum kamu bereaksi terhadap seseorang yng menabrakmu, mengata-ngataimu, atau menyelak didepanmu.
10.  Gunakanlah kesadaran dirimu sekarang juga dengan bertanya pada diri sendiri, ”kebiasaanku manakah yang paling tidak sehat?” Putuskanlah untuk melakukan sesuatu terhadapnya.

No comments:

Post a Comment