Friday, January 25, 2013

SEVEN HABITS SUMMARY


LANGKAH-LANGKAH I
  1. Lain kali kalau kamu bercermin, katakanlah sesuatu yang positif tentang diri sendiri.
  2. Hargailah pandangan seseorang hari ini. Katakanlah sesuatu seperti, ”Hei itu ide bagus”.
  3. Pikirkan suatu paradigma tentang diri sendiri yang mungkin menghambat seperti,”Aku tidak supel”.Lalu, lakukanlah sesuatu hari ini, yang sama sekali bertentangan dengan paradigma itu.
  4. Ingat-ingatlah orang yang kamu sayangi atau teman dekat, yang memperlihatkan sikap yang tidak berkarakter belakangan ini. Renungkanlah apa yang mungkin menyebabkan mreka bersikap seperti itu.
  5. Kalau tidak ada kerjaan, apasih yang kamu pikirin? Ingatlah, apapun yang paling penting bagimu, akan menjadi paradigmamu atau pusat hidupmu. Apa saja yang menyita waktu dan tenagaku?
  6. Aturan emas pasti berlaku! Mulailah hari ini, dengan memperlakukan orang lain seperti kamu ingin diperlakukan. Jangan tidak sabaran, mengeluh kalo dapat sisa, atau menjelek-jelekkan seseorang, kecuali kalo kamu juga ingin diperlakukan demikian.
  7. Carilah waktu dan tempat dimana kamu bisa sendirian. Renungkanlah apa yang paling penting bagimu.
  8. Dengarkanlah lirik musik yang paling sering kamu dengarkan. Evaluasilah apa lirik tersebut sesuai denga prinsip-prinsip yang kamu yakini.
  9. Kalau sedang mengerjakan pekerjaan dirumah atau ditempat kerja malam ini, cobalah prinsip kerja keras. Tempuhlah jarak ekstranya dan lakukanlah lebih dari yang diharapkan.
  10. Lain kali kamu berada dalam situasi yang berat dan kamu tidak tahu harus berbuat apa, tanyakan kepada diri sendiri, ”Prinsip apa yang harus aku terapkan (misalanya, kejujuran, kasih, loyalitas, kerja keras, kesabaran)?”Lalu ikutilah prinsip itu tanpa menoleh kebelakang lagi.

No comments:

Post a Comment