Saturday, January 26, 2013

SEVENTH HABIT SUMMARY2


LANGKAH-LANGKAH II
  1. Tepatilah janji-janjimu pada diri sendiri
a.     Bangunlah pada waktu seperti yang kamu rencanakan selama tiga hari berturut-turut.
b.     Tentukan suatu tugas mudah yang perlu kamu kerjakan hari ini, seperti masukin cucian, atau baca buku untuk tugas bahasa inggris. Putuskanlah kapan kamu akan mengerjakannya. Pegang janjimu dan laksanakanlah.
  1. Berbuat baiklah.
a.     Hari ini berbuat baiklah tanpa disuruh, seperti menulis kartu ucapan terima kasih, membuang sampah, atau membereskan tempat tidur seseorang.
b.     Lihatlah sekelilingmu dan carilah sesuatu yang dapat kamu lakukan untuk membuat perbedaan, seperti membersihkan taman dilingkunganmu, kerja sukarela di pusat warga senior, atau membacakan bagi seseorang yang tidak bisa membaca.
3.   Kembangkan Talenta-talentamu.
a.     Buatlah daftar talenta yang hendak kamu kembangkan tahun ini. Tulislah langkah-langkah spesifik yang harus kamu ambil untuk sampai kesana.
b.     Buatlah daftar talenta yang paling kamu kagumi dalam diri orang lain.
4.  Bersikaplah lembut terhadap diri sendiri.
a.     Pikirkanlah suatu bidang hidupmu dimana kamu merasa rendah diri.  Sekarang tarik nafas dalam-dalam dan katakanlah terhadap dirimu sendiri “Dunia belum Kiamat kok!”
b.      Cobalah menjalani satu hari penuh tanpa ngomong negatif sama diri sendiri. Setiap kali kamu merasa membuat dirimu sendiri tak bersemangat, gantilah dengan pikiran-pikiran positif tentang dirimu sendiri.
5.  Perbaharuilah Dirimu!
a.     Pilihlah suatu kegiatan yang akan membangkitkan semangatmu hari ini dan lakukanlah hari ini. Umpamanya, dengarlah musik dan menarilah.
b.     Merasa malas? Bangunlah sekarang juga dan pergilah berkeliling dengan jalan cepat.
6.  Jujurlah!
a.     Lain kali orang tuamu menanyakan apa yang sedang kamu kerjakan, ceritakanlah dengan lengkap. Jangan ada yang kamu tutup-tutupi.
b.     Selama satu hari saja, cobalah untuk tidak melebih-lebihkan atau banyak embel-embel.

No comments:

Post a Comment